IPS VS Amoled

2 min read

IPS VS Amoled

IPS VS Amoled – Saat membeli smartphone, Anda bisa dibingungkan dengan berbagai jenis layar smartphone.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui beberapa layar yang sering disematkan di smartphone, seperti layar AMOLED dan layar IPS.

IPS VS Amoled

Kedua layar tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah, di sini kami ingin membantu menunjukkan kepada Anda layar mana yang lebih baik daripada kedua jenis layar tersebut. IPS VS Amoled


AMOLED vs IPS Screen, Mana yang Terbaik?

Layar AMOLED

(AMOLED) Active Light-Emitting Diode Organic Matrix adalah jenis layar yang menggunakan teknologi OLED.

Sedangkan teknologi OLED adalah teknologi yang memanfaatkan anoda dan katoda sebagai aliran elektron pada film yang sangat tipis.

Keuntungan dari Layar AMOLED:

  • Kontras warna jauh lebih cerah dibandingkan layar IPS LCD (warna akan terlihat lebih pekat).
  • Lebih hemat daya, jika diukur secara kasar, penghematan daya bisa mencapai 10 kali lipat dari penggunaan daya pada layar IPS LCD.
  • Ketebalan layarnya lebih tipis dari layar IPS LCD.

Kekurangan layar AMOLED:

  • Sangat mudah dan rawan burn-in jika digunakan dalam waktu lama. Misalnya saat kita membuka aplikasi, formasi ikon aplikasi bisa dibiarkan di layar.
  • Biaya produksi yang mahal juga mempengaruhi harga jual smartphone tersebut. Secara sederhana, smartphone dengan layar AMOLED akan memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan smartphone yang menggunakan layar IPS LCD.

Layar AMOLED memiliki warna-warna cerah tetapi kualitasnya akan menurun seiring waktu.

Apalagi harganya yang terlalu mahal membuat vendor gadget berpikir dua kali jika ingin menyematkan layar ini di smartphone mereka. Selain itu terkadang layar AMOLED kurang tajam jika dilihat dari jarak yang sangat dekat.

Berbeda dengan layar Super AMOLED yang menawarkan kecerahan layar dan daya tahan baterai lebih baik dari AMOLED.

Maka tak heran jika Samsung kerap menggunakan layar jenis ini di beberapa smartphone miliknya. Lalu, apa perbedaan layar AMOLED dan Super AMOLED?

Perbedaannya hanya terletak pada letak sensor layar sentuhnya. AMOLED memiliki lapisan tambahan untuk sensor sentuh, sedangkan Super AMOLED langsung menyatu dengan layar utama.


Layar IPS

(IPS) In-Plane Switching adalah jenis layar yang mengandalkan teknologi Liquid Crystal Display (LCD). Penggunaan teknologi LCD membuat layar IPS disukai oleh Apple, LG, dan HTC karena lebih murah.

Keuntungan dari layar IPS LCD:

  • Biaya produksi jauh lebih murah dibanding layar AMOLED. Sehingga smartphone dengan jenis layar IPS LCD umumnya juga dijual dengan harga yang relatif lebih terjangkau.
  • Mampu memberikan warna yang lebih natural sesuai dengan aslinya.
  • Warna atau gambar dapat terlihat dengan jelas bahkan di bawah sinar matahari langsung.
  • Tidak berpotensi menyebabkan burn-in (bercak permanen pada layar), sehingga dapat digunakan dengan umur yang lebih lama.

Kekurangan layar IPS LCD:

  • Kontras warna tidak begitu kuat (contoh: hitam terlihat kurang pekat, putih terlihat kurang bersih)
  • Lebih boros daya dibandingkan layar AMOLED. Untuk smartphone, layar IPS akan mengambil peran besar dari setiap baterai yang di-charge.
  • Umumnya memiliki layar yang lebih tebal dibandingkan AMOLED.

Teknologi LCD sendiri pada dasarnya menggunakan cahaya terpolarisasi yang kemudian dijalankan melalui filter warna horizontal dan vertikal.

Sebab, layar jenis ini terlihat lebih tebal dibandingkan AMOLED. Selain itu, layar IPS cenderung lebih gelap.

Meski begitu, layar IPS terlihat natural jika dibandingkan dengan AMOLED. Layar AMOLED terkadang terlalu jenuh.

Keunggulan lain IPS dari AMOLED adalah terlihat saat menampilkan warna putih karena layar AMOLED tampak kekuningan jika menampilkan warna putih.

Oleh karena itu, banyak fotografer yang memilih layar IPS, karena layar tersebut menunjukkan warna yang lebih akurat.


Kesimpulan Layar AMOLED vs IPS

Untuk mengetahui mana yang terbaik dari layar ini rasanya sangat sulit karena sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jadi, semua tergantung kebutuhan Anda dalam menggunakan layar smartphone. Jika Anda suka fotografi, maka layar IPS-nya adalah ahlinya.

Sebaliknya jika Anda menyukai layar yang cerah, maka layar AMOLED atau Super AMOLED menjadi pilihan yang tepat.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai IPS VS Amoled, yang telah kami jelaskan secara rinci untuk Anda semua yang membutuhkan referensi terkait dengan persoalan ini. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Populer Lainnya:

Cara Paket Chat Kartu 3

admin
1 min read

Cara Membuat WA Transparan

admin
3 min read

0857 Kartu Apa

admin
2 min read